2/16/2008

Lapek Bugis


Sumber : Femina Primarasa

Bahan
300 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
1 sdt garam
250 gr tepung ketan
Daun pisang untuk membungkus

Isi
50 g gula merah sisir
50 g gula pasir
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan, potong-potong
60 ml air
100 g kelapa agak muda, parut memanjang

Kuah Santan
300 ml santan, dari 1,5 butir kelapa, aduk dengan 1 sdt garam

Cara membuat :
1. Didihkan santan bersama garam, angkat, dinginkan. Sambil diuleni, tuangi tepung ketan dengan santan, hingga adonan dapat dibentuk. Bagi adonan menjadi 20 bagian sama banyak, sisihkan.

2. Isi : Masukan gula merah, gula pasir, garam, daun pandan, dan air dalam panci/wajan. Jerangkan diatas api sedang, aduk-aduk hingga larut. Masukkan kelapa parut, masak terus sambil diaduk-aduk hingga air terserap habis dan menjadi adonan yang kesat. Angkat, dinginkan. Bagi adonan isi menjadi 20 bagian sama banyak.

3. Ambil 1 bagian adonan tepung, pipihkan. Isi tengahnya dengan 1 bagian bahan isi. Kumpulkan adonan tepung ke tengah sehingga isi tertutup rapat. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan kulit dan isi.

4, Ambil 1 lembar daun pisang, buang bentuk pincuk. Taruh bulatan adonan di tengahnya. Siram atasnya dengan 2 sdm kuah santan. Lipat daun bagian kanan ke kiri dan bagian kiri ke kanan, sehingga seluruh adonan tertutup daun. Selipkan bagian ujung daun yang tertinggal ke bagian dalam. Lakukan hal yang sama hingga semuaadonan terbungkus daun.

5. Panaskan air didalam dandang hingga mendidih. Kukus kue bugis hingga matang (l.k.40 menit) angkat. Sajikan

No comments:

Photobucket
Add to Technorati Favorites